News

Baju Loreng Babinsa di Klungkung Jadi Perban Korban Kecelakaan

 Senin, 21 Maret 2022, 20:20 WITA

Beritaklungkung.com

IKUTI BERITAKLUNGKUNG.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritaklungkung.com, Nusa Penida. 

Aksi kemanusian terjadi Klungkung dimana anggota TNI Sersan Satu (Sertu) Suparto (41 tahun), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Semarapura Kelod Kangin, Klungkung, Bali membuka seragam dan melepas baju kaus bermotif loreng. 


Ia merobeknya, untuk menutup luka serius yang dialami Ni Ketut Rusmini (53 tahun). Korban kecelakaan lalu lintas.

Sertu Suparto tak kuasa melihat darah mengucur deras dari kaki Ketut Rusmini. Setelah terjatuh dari sepeda motornya. Usai bertabrakan dengan pengendara motor lain di depan Koramil 1610-01/Klungkung di Jalan Raya Gajah Mada, Kelurahan Semarapura Kangin pada Jumat (18/3/2022) sekitar pukul 07.20 WITA.

Sepeda motor Honda Vario bernomor polisi DK-3867-M yang dikendarai I Nengah Sukarsa mulanya bergerak dari arah selatan menuju ke utara lalu dari arah yang sama juga bergerak sepeda motor Honda Vario DK-6978-MV yang dikendarai Ni Ketut Rusmini.

Kemudian Ketut Rusmini yang diduga tidak menyadari Nengah Sukarsa hendak berbelok ke kanan dan sudah menyalakan lampu sein. Rusmini menabrak Nengah Sukarsa dari arah belakang.

Ni Ketut Rusmini yang berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) itu terjatuh dan luka-luka pada kaki pergelangan kiri, luka terbuka dan bengkak, telapak tangan kanan lecet dan punggung kaki kanan lecet.

Sambil menunggu ambulans, Sertu Suparto membalut luka Ketut Rusmini dengan kaos tentaranya. Untuk menghentikan pendarahan.

Bahkan kendaraan Koramil 1610-10/Klungkung juga akhirnya dikerahkan untuk mengevakuasi Rusmini ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Klungkung. Kabar terbarunya, Rusmini telah menjalani operasi dan masih dirawat di rumah sakit tersebut.

Peristiwa lakalantas tersebut sudah dilaporkan ke Polres Klungkung sesuai dengan laporan polisi Nomor LP/A/66/III/2022 tanggal 18 Maret 2022.

Aksi Sertu Suparto pun terdengar hingga telinga Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto yang kemudian memberikan penghargaan atas aksi heroiknya menyelamatkan korban kecelakaan lalu lintas yang mengalami pendarahan hebat.

Babinsa Sertu Suparto dihadapkan dengan pilihan sulit, ia mengaku berat merobek baju dalam TNI bermotif loreng itu, namun tak ada pilihan lain, korban tampak semakin lemas kehabisan banyak darah. Akhirnya ia membuka seragam yang dikenakan untuk apel pagi dan didalamnya terdapat kaos yang langsung ia buka. Kemudian ia robek dan balutkan ke kaki korban dan berhasil menghentikan pendarahan.

"Pertolongan pertama cuma adanya baju, jadi baju kami yang saya utamakan, sebenarnya kami tidak mau merobek baju kami tapi apa boleh buat semua dari rakyat saya kembalikan ke rakyat. Itu baju kita pakai dobel, seragam luar kami buka, baju kaus yang dalam kami pakai untuk mengikat luka. Kami ikat bagian kaki di atas lukanya biar pendarahan berhenti karena korban sudah lemas sekali," kata Babinsa tersebut.


Halaman :