News

Pupuk TOSS Kini Diujicoba Pada Lima Varietas Padi

 Selasa, 05 April 2022, 14:25 WITA

Beritaklungkung.com

IKUTI BERITAKLUNGKUNG.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritaklungkung.com, Nusa Penida. 

Setelah berhasil melakukan ujicoba pemanfaatan pupuk organik produksi dari Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) pada tanaman kedelai, kini kembali dilakukan ujicoba pupuk pada lima varietas tanaman padi. Kegiatan ini ditandai dengan penaburan pupuk oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Kadis Pertanian, IB Juanida dan Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan Ketut Suadnyana, Perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Bali serta sejumlah petani dilahan milik Balai Bibit Utama (BBU) Provinsi Bali di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kamis (7/4). 

“Ini merupakan ujicoba lanjutan setelah sebelumnya kami dengan Dinas Pertanian berhasil menanam kedelai dengan hasil memuaskan menggunakan pupuk organik Ozaki produksi dari TOSS Center Karangdadi. Kali ini kita akan menanam lima varietas padi dengan pupuk dari TOSS nantinya kita bandingkan dengan padi yang ditanam menggunakan pupuk kimia urea. Semoga uji coba ini berhasil dimana pupuk TOSS dapat memberikan panen yang maksimal sehingga pemanfaatan sampah organik untuk pupuk TOSS bisa semakin digenjot," ujar Bupati Suwirta.

Pihaknya menambahkan, Pemkab Klungkung mendukung program pertanian organik Pemprov Bali. Bahkan sejak tahun 2018 konsep pertanian organik sudah dimulai dengan menggunakan pupuk TOSS ini dan ini merupakan yang ke 6 kali.


Halaman :